Langsung ke konten utama

Ini Dia! 10 Tips untuk Hamil Sehat

Kehamilan itu merupakan fase yang sangat krusial bagi calon Ibu dan juga si buah hati, setiap orang pasti ingin bayinya lahir dalam keadaan sehat selamat tanpa kurang suatu apapun. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi artikel tentang 10 tips untuk hamil sehat. Semoga berguna bagi para anda semua yang tengah mengandung atau yang sedang dalam masa perencanaan.

Ini Dia! 10 Tips untuk Hamil Sehat - Laptop Wanita

1. Pergilah ke Dokter/Bidan Kandungan yang anda percayai
Mempunyai rujukan ke dokter/bidan kandungan yang anda pilih adalah penting, karena dokter kandungan bukan hanya orang yang mengerti tentang masalah kehamilan ( walaupun kadang dokternya tidak pernah hamil, karena ternyata dia adalah laki-laki! ). Untuk yang lebih suka menggunakan jasa bidan pun tidak masalah, karena bidan juga bisa memberikan saran-saran yang berguna untuk masalah kehamilan.

2. Berhenti Merokok dan Minum-minuman beralkohol
Saran ini relevan bagi para wanita yang kebetulan suka merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, sudah waktunya untuk tidak melakukan dua kebiasaan yang tidak bermanfaat…terutama bagi perkembangan anak yang ada dalam kandungan. Untuk para wanita yang tidak merokok alias perokok pasif, tetap hindari asap rokok sejauh mungkin. Karena perokok pasif tetap memiliki resiko gangguan kesehatan yang bisa jadi menghambat tumbuh kembang si bayi.

3. Kurangi mengangkat barang-barang berat
Untuk anda para wanita mandiri ( mau angkat-angkat sendiri ), saatnya menghilangkan kebiasaan tersebut dan biarkan suami anda memanjakan anda. Minta tolong baik-baik pada suami anda untuk mengangkat dan memasang baju-baju di jemuran, jangan lupa di kasih ciuman mesra. Saya jamin suami anda akan klepek-klepek kalau anda rayu begitu, setelah selesai jangan lupa ucapkan terima kasih pada suami anda.

NB: Cara merayu suami anda bisa sangat bervariasi, apakah itu anda rayu lewat makanan, entah itu lewat ucapan mesra, entah itu anda peluk ataukah perlakuan lain yang membuat suami tidak tega membiarkan anda kerja berat. Be creative, mbak!

4. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur
Makanan dari buah dan sayur seperti pisang, apel, wortel akan sangat berguna untuk menambah asupan gizi bagi anda dan si bayi. Untuk lebih detailnya, ada baiknya anda pergi ke dokter/bidan supaya anda bisa berkonsultasi lebih dalam tentang buah dan sayur apa saja yang baik untuk kondisi anda.

5. Pastikan kosmetik anda aman untuk ibu mengandung
Mungkin banyak orang yang lupa mengenai hal ini, tapi hal ini cukup penting untuk dilakukan. Jangan sampai perawatan kecantikan dan produk kosmetik yang anda gunakan malah tidak aman untuk ibu hamil, segera tanyakan ke klinik tempat perawatan anda ataupun ahli medis yang anda percaya. Karena akan sayang sekali kalau keinginan anda untuk terlihat lebih cantik justru memberikan kerugian bagi kondisi kesehatan bayi.

6. Kabarkan kehamilan pada Orang Tua dan Mertua
Segera kabarkan kehamilan anda pada orang tua dan mertua anda, mereka pasti akan senang mendengarnya dan anda pun akan mendapat perhatian ekstra. Sedikit banyak anda pun juga akan mendapatkan nasihat-nasihat tentang kehamilan dari mereka, hal ini juga akan meningkatkan kualitas hubungan di dalam keluarga.

7. Buatlah buku diary kehamilan
Saya sarankan untuk membuat buku diary yang berisikan apa-apa saja yang anda alami dalam masa kehamilan anda, waktunya pun bisa anda isi semau anda entah itu perhari entah itu per tiga hari atau mungkin seminggu sekali. Dari situ anda bisa memperkirakan sendiri sejauh mana progress kehamilan anda, jangan lupa untuk mendiskusikanya bersama suami.

8. Cobalah bermain dengan anak teman anda
Untuk menambah pengalaman, sesekali cobalah anda pergi ke tempat teman anda yang memiliki anak kecil usia 1 – 2 tahunan. Anda amati proses babysittingnya, mengganti popok, dan lain sebagainya. Jangan sungkan bertanya apa saja pengalamanya ketika memiliki anak, karena feedback itu bisa sangat berguna bagi anda.

9. Hindari stress
Kehamilan adalah suatu proses yang tidak ringan, dan akan semakin berat kalau Ibu Hamil masih harus dibebani oleh stres yang bisa disebabkan oleh pekerjaan maupun faktor lainya. Salah satu cara untuk mengurangi stress adalah dengan mendengarkan musik klasik ataupun bisa juga dengan mendengarkan ayat-ayat keagamaan masing-masing. Cara lain bisa juga dengan melihat tayangan yang menghibur, sehingga bisa mengurangi beban stres. Boleh juga dengan sering bercengkrama dengan suami ataupun juga curhat dengan kawan-kawan, karena curhat bisa menghilangkan beban yang ada pada seseorang.

10. Persiapkan keperluan melahirkan
Waktunya mempersiapkan keperluan apa saja yang sekiranya diperlukan ketika anda harus diboyong ke tempat bersalin, apakah itu baju-baju, bisa juga perlengkapan untuk perawatan bayi, ataupun barang-barang lainya yang anda butuhkan di sana.

Terakhir, jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga anda dan buah hati diberikan kemudahan dan kesehatan.

Mudah-mudahan artikel saya ini berguna bagi anda, jangan lupa di share ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Persiapan Keuangan Sebelum Punya Momongan

Bagi para pasangan yang tergolong baru saja menikah atau kawin atau married, memiliki momongan alias baby adalah hal yang menjadi idam-idam paling utama. Saya rasa hampir semua pasangan ingin sekali punya anak yang bisa dibuat mainan…eh maksudnya diajak mainan, sudah pipinya gendud, kepalanya gundul, mukanya melongo, saya jamin bayi seperti itu lucunya ga ketulungan. Ilustrasi bayi lucu, buat penyemangat anda yang ingin punya anak, Tapi punya anak bukan urusan sepele seperti membeli ikan di toko pinggir jalan lalu dicemplungin ke akuarium, ini urusan negara kalau soal punya anak…terbukti kalau waktu anak lahir harus dibuatkan akta kelahiran supaya anak terlindung dan terjamin hak-hak nya oleh negara. Si anak juga perlu popok dan berbagai macam perlengkapan bebayian lainya…beberapa diantaranya tidak murah, contohnya seperti Susu Formula yang harganya bisa sangat mahal. Suami dan Istri harus mulai memikirkan hitung-hitungan keuangan untuk calon anak, karena tuntutan jama

Apa Itu Jerawat dan Apa Penyebabnya Ya?

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itulah peribahasa yang tetap untuk menggambarkan penyakit kulit satu ini. Jerawat, bagi banyak orang merupakan mimpi buruk. Mungkin setara dengan mimpir dikejar-kejar setan atau dinosaurus, atau mungkin juga seperti mimpi lagi berantem sama Ibu-Ibu tetangga yang sukanya ngegosipin orang lain. Ah sudahlah. Bagi sebagian lainya, jerawat merupakan gangguan yang sangat merepotkan. Karena bisa mengganggu penampilan, apakah ini penting? dalam beberapa kasus, termasuk sangat penting karena ada profesi yang menuntut penampilan yang prima seperti Selebritis ataupun pekerjaan lain yang sering harus muncul di depan orang banyak. proses terjadinya jerawat dari kiri ke kanan Munculnya jerawat pun bervariasi, mulai dari yang langsung banyak ataupun hanya 1 atau 2 di wajah kita. Kasusnya pun beragam, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Mungkin anda pernah melihat Mas atau Mbak yang wajahnya dipenuhi jerawat, akan sangat tidak enak untuk dilihat…ap