Langsung ke konten utama

5 Cara Simpel Untuk Mencegah Kanker



Kanker dikenal sebagai salah satu penyakit yang susah disembuhkan, selain itu kadang juga dapat menyebabkan kematian. Laptop Wanita yakin tidak ada orang yang mau terkena kanker, karena metode penyembuhan yang sulit, tidak sebentar dan tak jarang menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah atau lebih.

Pada kesempatan ini, Laptop Wanita tidak akan membahas tentang pengobatan kanker tetapi tentang cara yang sebenarnya simpel ( mudah atau tidaknya kembali pada kita sendiri ) yang bisa kita lakukan untuk menghindari kanker. Nah, berikut ini adalah 5 Cara Simpel Untuk Mencegah Kanker.

1. Rokok dan Asapnya? Hindarilah
Salah satu dari hal simpel yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir resiko kanker adalah dengan tidak merokok dan juga menghindari exposure atau terpapar asap rokok. Karena rokok tidak hanya bertanggung jawab atas terjadinya kanker paru-paru tapi juga bermacam-macam kanker lainya ( termasuk kantong kering karena harga rokok yang tidak sepadan dengan harga 1 porsi makan + minum sederhana yang pastinya lebih menyehatkan dari rokok dan asapnya yang bisa jalan-jalan seenaknya )

Bagi anda yang belum merokok ( dan jangan sampai ), anda termasuk dalam kategori orang-orang yang beruntung. Karena resiko terkena kanker berkurang, tinggal menghindari paparan rokoknya. Seringkali pekerjaan menghindari paparan rokok ini yang susah, terutama jika sedang berada di tempat dan sarana umum yang kesadaran untuk tidak merokok masih kurang.

Sekedar info, asap dari rokok mengandung carcinogen yang bisa memicu terjadinya kanker. Jadi perokok pasif juga harus waspada terhadap asap rokok ya.

2. Ayo, Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak.
Suka atau tidak, buah dan sayuran sebenarnya mengandung banyak antioksidan yang dibutuhkan oleh body kita-kita.  Antioksidan berfungsi sebagai tukang reparasi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, entah itu karena benturan atau gesekan ataupun terpapar asap knalpot motor yang kadang sangat indah dipandang mata ( karena hitam atau putih gimana gitu).

Buah dan sayur yang berwarna orange, hijau dan kuning adalah termasuk yang paling baik untuk tambahan lapisan pencegah kanker. Tambahan, buah yang berwarna gelap seperti anggur atau blackberry bisa juga mengandung bawaan anti kanker.

Brokoli dan Kembang Kol, menurut beberapa penilitian mengandung banyak muatan pencegah kanker. Jadi buat anda yang belum suka makan sayur dan buah, mungkin bisa dipertimbangkan mulai sekarang. Paling tidak lakukanlah untuk membuat diri anda sehat dan bisa melakukan hobi yang anda sukai.

3. Batasi Daging Merah dan Lemak Hewani
Harus Laptop Wanita akui, steak dan bakso sapi kadang suka bikin ngiler. Apalagi waktu lagi laper-lapernya atau sudah lama ga makan di warung langganan…waduh! nanti makan ga cukup 1 porsi ya, hahaha. Tapi sayang seribu sayang, kenikmatan goyang lidah ini kalau berlebihan bisa berbahaya. Karena beberapa penelitian menunjukkan kalau lemak hewani yang terlalu banyak bisa meningkatkan resiko terkena kanker, terutama kanker colon. Daging Merah mengandung lebih banyak lemak daripada produk daging ayam, telur ataupun ikan.

Salah satu caranya adalah kurangi konsumsi daging merah dan imbangi dengan olahraga serta sayur dan buah seperti yang sudah ditulis di atas. Ganti lemak hewani dengan lemak nabati, serta atur kebiasaan makan anda.

O iya, obesitas juga termasuk salah satu faktor yang menjadikan tubuh makin terbuka terhadap kanker lho. Membatasi dari mengkonsumsi daging secara berlebihan juga bisa membantu terhindar dari obesitas, yang akan menyusahkan kita nantinya kalau sampai kita kelebihan berat badan.

4. Kenali Riwayat Kesehatan Keluarga dan Personal
Beberapa macam kanker seperti kanker payudara, rahim dan colon. Bisa saja merupakan penyakit turunan.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui latar belakang sejarah kesehatan lingkup keluarga kita. Jika ada dari pendahulu kita yang pernah terkena kanker, jangan malu untuk datang ke dokter atau ahli kesehatan yang anda percaya untuk menanyakan tentang langkah-langkah pencegahan yang lebih lanjut.

5. Kenali Resiko Pekerjaan dan Akibatnya.
Bahan-bahan kimia di sekitar kita bisa saja menambah resiko tubuh kita terkena kanker, maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita sendiri entah itu dengan memakai masker ataupun tidak makan di tempat yang dekat dengan debu/asap dan lainya yang tidak menyehatkan.

Konsultasikan dengan dokter anda mengenai tempat anda bekerja, beritahukan apabila anda beresiko terpapar debu/asap mesin, olahan bahan bakar, olahan bahan kimia dan lain-lain yang bisa memicu kanker.

Jangan takut dianggap sebagai karyawan yang rewel, karena yang nanti merasakan sakit atau sehatnya toh juga badan anda sendiri.

Nah, demikian artikel mengenai 5 Cara Simpel Untuk Mencegah Kanker. Semoga membantu untuk anda.

Selamat Hari Kartini ya, semoga semua Kartini sehat selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Persiapan Keuangan Sebelum Punya Momongan

Bagi para pasangan yang tergolong baru saja menikah atau kawin atau married, memiliki momongan alias baby adalah hal yang menjadi idam-idam paling utama. Saya rasa hampir semua pasangan ingin sekali punya anak yang bisa dibuat mainan…eh maksudnya diajak mainan, sudah pipinya gendud, kepalanya gundul, mukanya melongo, saya jamin bayi seperti itu lucunya ga ketulungan. Ilustrasi bayi lucu, buat penyemangat anda yang ingin punya anak, Tapi punya anak bukan urusan sepele seperti membeli ikan di toko pinggir jalan lalu dicemplungin ke akuarium, ini urusan negara kalau soal punya anak…terbukti kalau waktu anak lahir harus dibuatkan akta kelahiran supaya anak terlindung dan terjamin hak-hak nya oleh negara. Si anak juga perlu popok dan berbagai macam perlengkapan bebayian lainya…beberapa diantaranya tidak murah, contohnya seperti Susu Formula yang harganya bisa sangat mahal. Suami dan Istri harus mulai memikirkan hitung-hitungan keuangan untuk calon anak, karena tuntutan jama

Ini Dia! 10 Tips untuk Hamil Sehat

Kehamilan itu merupakan fase yang sangat krusial bagi calon Ibu dan juga si buah hati, setiap orang pasti ingin bayinya lahir dalam keadaan sehat selamat tanpa kurang suatu apapun. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi artikel tentang 10 tips untuk hamil sehat. Semoga berguna bagi para anda semua yang tengah mengandung atau yang sedang dalam masa perencanaan. 1. Pergilah ke Dokter/Bidan Kandungan yang anda percayai Mempunyai rujukan ke dokter/bidan kandungan yang anda pilih adalah penting, karena dokter kandungan bukan hanya orang yang mengerti tentang masalah kehamilan ( walaupun kadang dokternya tidak pernah hamil, karena ternyata dia adalah laki-laki! ). Untuk yang lebih suka menggunakan jasa bidan pun tidak masalah, karena bidan juga bisa memberikan saran-saran yang berguna untuk masalah kehamilan. 2. Berhenti Merokok dan Minum-minuman beralkohol Saran ini relevan bagi para wanita yang kebetulan suka merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, sudah waktuny

Apa Itu Jerawat dan Apa Penyebabnya Ya?

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itulah peribahasa yang tetap untuk menggambarkan penyakit kulit satu ini. Jerawat, bagi banyak orang merupakan mimpi buruk. Mungkin setara dengan mimpir dikejar-kejar setan atau dinosaurus, atau mungkin juga seperti mimpi lagi berantem sama Ibu-Ibu tetangga yang sukanya ngegosipin orang lain. Ah sudahlah. Bagi sebagian lainya, jerawat merupakan gangguan yang sangat merepotkan. Karena bisa mengganggu penampilan, apakah ini penting? dalam beberapa kasus, termasuk sangat penting karena ada profesi yang menuntut penampilan yang prima seperti Selebritis ataupun pekerjaan lain yang sering harus muncul di depan orang banyak. proses terjadinya jerawat dari kiri ke kanan Munculnya jerawat pun bervariasi, mulai dari yang langsung banyak ataupun hanya 1 atau 2 di wajah kita. Kasusnya pun beragam, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Mungkin anda pernah melihat Mas atau Mbak yang wajahnya dipenuhi jerawat, akan sangat tidak enak untuk dilihat…ap